Rose Of Versailles


Judul asli  : Berusaiyu no Bara
Judul Indonesia : Rose of Versailles
Judul Anime : Lady Oscar
Gambar & Cerita : Riyoko Ikeda
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Status : Tamat di buku 10

This is one of my favorite comic, based on true story. sejarahnya dapet, intrik politiknya dapet, keindahan perancis-nya dapet, dan love story-nya juga dapet...

Tokoh tokoh dalam manga rose of versailles ada yang merupakan tokoh asli dan ada juga yang fiktif. yang asli diantaranya adalah marie antoinette, ratu maria theresa, king louis, jendral jarjayes, madame du barry, dan hans axel von fersen. sedangkan lady oscar dan andre merupakan tokoh fiktif.

latar belakang terjadinya revolusi perancis merupakan setting dari manga ini, dimana ratu marie antoinette berakhir tragis di guillotine dan perancis mengalami perubahan besar besaran dalam tatanan politik serta sistem pengkastaan dimana sebelumnya terdapat 3 kasta yaitu royal family (keluarga kerajaan), noble (bangsawan) dan commoner (rakyat). saya tak masalah bagaimana nasib marie antoinette walaupun tetap menikmati unsur sejarahnya sebab bagi saya.. magnet dari manga ini adalah sang pengawal kerajaan yaitu oscar francois de jarjayes.

Oscar lahir dari keluarga bangsawan yang secara turun temurun dipercaya sebagai pengawal anggota kerajaan. ayahnya, jendral jarjayes tidak memiliki anak laki - laki sehingga putri bungsunya, yaitu oscar kemudian dididik dan dibesarkan seperti anak laki - laki. di kisahkan jika oscar datang ke pesta dansa, para lady akan berebut untuk bisa berdansa dengannya. karena oscar perempuan normal, hehehe... maka dia lebih memilih menghindari para lady atau bersikap dingin, ahem.

seolah mengamini tindakan ayahnya, oscar sering bersikap seperti laki - laki dan kadang marah apabila diperlakukan seperti seorang lady.

karir oscar cemerlang hingga akhirnya dia kemudian diminta untuk menjadi pengawal pribadi ratu marie antoinnete. konflik percintaan di mulai saat oscar jatuh cinta pada hans axel von fersen yang 'sialnya' merupakan kekasih sang ratu yang dikawalnya.

oscar pun patah hati dan dalam kondisi seperti itu, ada 3 kejadian yang membuat oscar menyadari 'kodratnya' sebagai seorang perempuan. pertama, saat dia tidak bisa menyelamatkan anggota pasukannya dari hukuman mati, kedua saat dia selamat dari pemecatan karena campur tangan ratu dan ketiga saat dia diselamatkan oleh andre dari hukuman ayahnya.

oscar adar bahwa dia lemah dan butuh dilindungi, oscar juga menyadari bahwa cinta adalah seseorang yang selama ini selalu menemaninya seperti bayang - bayang, tempatnya bersandar, berbagi kesedihan dan kebahagiaan.

ngomong - ngomong, di manga ini oscar nge-boss banget sama andre dan tidak bsia melakukan apapaun tanpa andre. ander siapkan kereta, andre pinjam pedangmu, andre menyamarlah jadi ksatria hitam, ande bawakan minuman, dsb, dsb, dsb...tapi wajar sih, kan andre emang pelayan pribadinya, hehehe.

saya tidak terlalu suka versi anime dari manga ini, terutama karena oscar dalam anime tak se 'gorgeous' manganya dan juga karena ceritanya diubah... apalagi yang versi movie, oh tidaaaakkkkkkk....huhuhu.

kesulitan dalam translate manga ini adalah, begitu banyaknya gelar kebangsawanan di perancis. madame, countess, count, mademoiselle, princess, prince, queen, king, dauphin, dauphine, sir, dsb, dsb, dsb... padahal pembendaharaan kata di Indonesia hanya terbatas pada tuan, nyonya, nona, ratu, putri, pangeran, raja, atau yang mulia. pada akhirnya, ada beberapa gelar yang tidak diterjemahkan.

Jika anda hanya mengenal lady oscar dari versi anime atau mungkin dari movie-nya, maka anda wajib membaca versi manga-nya.

salam, oscarlover...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar